Menghadapi Mereka Yang Sulit Bekerjasama

Alangkahnya indahnya hidup bila semua dapat berjalan lancar sesuai dengan keinginan kita. Pekerjaan selesai dengan mudah, bisnis berjalan dengan lancar, kita dikelilingi oleh rekan-rekan yang saling mendukung. Hidup pun akan terasa lebih tenang.

Akan tetapi, tak selamanya semua berjalan seindah mimpi. Tak jarang kita harus menghadapi rekan kantor ataupun rekan bisnis yang begitu sulit untuk diajak bekerjasama. Tentu saja diperlukan usaha dan kesabaran ekstra menghadapi hal seperti ini. Tenaga dan pikiran pun akan terkuras lebih banyak untuk memastikan pekerjaan tetap berjalan baik, sebagaimana mestinya.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang sulit untuk diajak bekerjasama dengan kita, perbedaan kepribadian salah satunya. Berbeda dalam memandang sebuah masalah memang kerap menimbulkan kesalahpahaman yang mengakibatkan kesulitan dalam menjalin kerjasama. Untuk membuatnya menjadi selaras, cobalah untuk melakukan beberapa hal di bawah ini :

1.       Menyamakan persepsi

Setiap orang memiliki cara pandang yang berbeda dalam memahami orang lain ataupun situasi tertentu. Cobalah untuk menemukan  apa yang melatarbelakangi perilaku orang tersebut. Dengan memahami latar belakang dari pemikiran masing-masing orang tersebut, akan lebih mudah bagi Anda memahami cara pandang mereka dan menemukan titik temu untuk menjalin kerjasama yang baik.

2.       Mengenali emosi

Setiap orang memiliki emosi yang menjadi pemicu dari perilaku atau sikap orang tersebut. Penasaran dan mencari tahu apa yang dirasakan oleh rekan Anda dalam satu situasi akan memudahkan Anda memahami mereka.

3.       Berkomunikasi dengan jelas

Kesalahpahaman kerap terjadi karena kurang atau tidak berjalan dengan lancarnya komunikasi.  Untuk itu, pastikan Anda menyampaikan dengan jelas apa yang ada di pikiran Anda agar dapat dimengerti dengan baik oleh lawan bicara. Dengan komunikasi yang jelas, penerima pesan akan lebih baik memahami maksud Anda.

Aplikasikanlah ketiga hal tersebut diatas dalam keseharian dan dalam pekerjaan Anda. Bila Anda melakukan dengan benar, segala kesalahpahaman pun akan teratasi dan pada akhirnya Anda dapat bekerjasama baik dengan orang yang sulit sekalipun.

Previous
Previous

Definisi Sukses Menurut Orang-Orang Sukses

Next
Next

Kualitas Kepemimpinan, Sudahkah Anda Miliki?